Monday, September 15, 2014

Install Code::Blocks dan Preparasi Grafik




Sebelum mulai pembahasan mengenai IF dan For, bagi yang belum menginstal Code::Blocks silahkan download Code::Blocks di http://www.codeblocks.org/downloads/5. Bebas sebenarnya pilih yang mana kalau yang di komputer lab itu yang 8.02 kalau saya lebih suka yang 10.05. pilih yang codeblocks-8.02mingw-setup.exe atau codeblocks-10.05mingw-setup.exe. Setelah proses download selesai, silahkan install, lalu next kan saja sampai proses instalasi selesai.

Langkah Pembuatan Project:
1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjalankan program Code::block. Kalau tidak dijalankan, kita nggak bisa ngapa-ngapain  (yaiyalah).
2. Ketika jendela sudah terbuka, klik Create a new project
3. Lalu pilih Console Application dan klik Go
4. Lalu akan muncul jendela console application, klik saja Next.
5. Lalu kita akan diminta memilih bahasa yang akan kita gunakan, pilih C++ dan klik Next
6. Isi Title dengan nama project yang akan dibuat dan klik Next dan Finish. 
7. klik + disebelah folder source, double klik main.cpp
8. akan muncul source code untuk memunculkan Hello World! Silahkan coba di build dan run (pencet aja F9).
9. Silahkan ngoding sesuai selera!

// Dibawah ini dilakukan hanya jika anda ingin membuat program dengan header <graphics.h>
Jadi kalau kita hendak membuat program dengan <graphics.h> maka sebelumnya kita harus mendownload file headernya terlebih dahulu karena normalnya file header graphics.h tidak tersedia pada saat kita menginstall code::block. File bisa di download di http://codecutter.org/tools/winbgim/ kemudian pilih WinBGIm_Library6_0_Nov2005.zip. Ekstrak file zip nya kemudian pindahkan file  winbgim.h, graphics.h ke C:\Program files(86x)\CodeBlocks\MinGW\include. File  libbgi.a pindahkan ke C:\Program Files(86x)\CodeBlocks\MinGW\lib. (jika codeblock diinstall pada directory default, inti nya copy kan ke directory tempat kita menginstall Code::Blocks)
Kemudian baru kita mulai mempersiapkan codeblock kita untuk membuat grafik.
Yang harus dilakukan adalah:
1. Pilih menu Project yang ada di menu bar bagian atas, lalu pilih Build Options.
2. pilih menu tab Linker Settings lalu klik add di bagian bawah dan klik lambang ... disebelah kanan.

3. pilih file libbgi.a yang berada di C:\Program Files(86x)\CodeBlocks\MinGW\lib. Lalu ketika ditanya “keep these as a relative path?” pilih NO.

4. Lalu isikan tulisan dibawah ini kedalam other linker setting (dengan “-“ nya juga yaa) JANGAN SAMPAI SALAH TULISAN
-lbgi
-lgdi32
-lcomdlg32
-luuid
-loleaut32
-lole32
5. Klik OK dan selamat berkreasi!

Cobain deh program dibawah ini:
#include <iostream>
#include <graphics.h>
using namespace std;

int main()
{

    int panjangwindow=600;
    int lebarwindow=600;

    float sisi=100; // mendeklarasikan variabel bernama sisi yang memiliki nilai 200
    int alas=200;
    int tinggi=100;

    initwindow(panjangwindow,lebarwindow);
    moveto(panjangwindow/3,lebarwindow/3);

    //ceritanya bikin persegi
    linerel(sisi,0);
    linerel(0,sisi);
    linerel(-sisi,0);
    linerel(0,-sisi);

    //bikin jajar genjang
    moveto(200,400);
    linerel(alas,0);
    linerel(30,tinggi);
    linerel(-alas,0);
    linerel(-30,-tinggi);

    getch();
    closegraph();
    return 0;
}
Coba di build and run, hasilnya akan seperti ini:
CATATAN PENTING:
Biasanya ketika kita mendownload sendiri file graphics.h, maka akan muncul masalah ketika kita hendak meng compile program yang kita buat. Ketika kita build and run, maka secara otomatis codeblocks akan membuka sendiri file graphics.h dan langsung mengarahkan kita pada line 302.
Disini dapat dilihat bahwa pendeklarasian right terjadi dua kali. Yaitu right=0 dan right=INT_MAX. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengubah right=0 menjadi top=0, seperti yang kita lihat di line 307. Maka setelah kita ubah, exitkan graphics.h nya. Ketika di tanya “do you want to save the change?” pilih aja YES

1 comment:

  1. mas dalam file yang di extrak yang ada hanya ini WinBGIm [libbgi.a] bukan yg ini libbgi.a bagaimana itu ya mas

    ReplyDelete